PANCARKAN SEHAT DAN BUGAR BERSAMA SILIWANGI BOLU KUKUS

 

sehat dan bugar bersama Siliwangi Sehat 2024 (dokpri)



Hari berlalu liburan pun kan usai. Aktivitas pun kan kembali menjadi rutinitas tiada henti. Setiap sesi pembelajaran kan kembali. Kondisi badan untuk tetap sehat dan bugar pun harus tercipta. Berjalan kaki menjadi langkah terbaik dengan keterbatasan usia. Bisa berlari dan gowes dengan sepeda juga tidak salah sih..

Bertepatan dengan niat terbaik untuk menjaga kesehatan tetap sehat dan bugar tersebut, akhirnya diriku menemukan sebuah acara bertajuk Siliwangi Sehat 2024. Acara tersebut dengan konsep jalan sehat dengan diawali start di Balai Kota Bogor. Berakhir di alun-alun Kota Bogor.

Niat berolahraga bersama keluarga, akhirnya aku memulai perjalanan dari pukul 5 menuju stasiun Bojonggede untuk menaiki Kereta Rel Listrik (KRL) Commuterline. Perjalanan dengan sukacita mengajak keluarga tercinta untuk liburan sambil sehat bersama-sama. Akhirnya sesampai di stasiun Bogor sekitar pukul 6.

Sesampai di Bogor aku pun beranjak bersama keluarga menuju Balai Kota Bogor. Ternyata di KRL Commuterline pun banyak yang sudah siap menuju perhelatan Siliwangi Sehat 2024 tersebut. Akhirnya aku bersegera menuju Balai Kota Bogor. Ternyata sesampai di sana sudah mulai banyak yang berkumpul dengan suka cita untuk kesehatan yang terjaga baik.

Perjalanan pun dimulai pada pukul 06.30 dari Balai Kota Bogor mengelilingi Kebun Raya Bogor. Terdapat 3000-an peserta yang turut berjalan bersama. Aku berjalan sendirian dikarenakan istri dan anak-anak sudah terlihat lelah lebih awal. Dan keluargaku tersebut langsung balik menuju ke alun-alun saja menikmati perhelatan yang ada.

 Berjalan dengan mengibarkan bendera kecil dari Siliwangi Bolu Kukus di tangan dengan penuh kebahagiaan. Sesampai di finish yaitu di Alun-alun Kota Bogor sekitar 7.30-an. Istirahat sejenak meminum air mineral. Tak lupa memasukkan kupon undian doorprize. Bersamaan dengan kelelahan tersebut, ternyata ada pula bolu kukus brownies yang diberikan dari Siliwangi Bolu Kukus.

Lelah berjalan sehat, saatnya menukarkan kupon untuk menikmati Siliwangi Bolu Kukus

Menikmati sajian bolu kukus juga semakin seru dengan sajian hiburan yang ada. Senam pun berlangsung dengan kemeriahan yang membahana. Sang MC dengan piawai mengajak gelak tawa hingga sumringah peserta dengan taburan hadiah doorprize bolu kukus jika bisa menjawab pertanyaan. eits, ada juga yang tidak bisa menjawab dengan benar namun dengan kegigihannya akhirnya siliwangi bolu kukus pun diberikan secara percuma dari MC kepada peserta tersebut.

Saat menikmati sajian panggung di alun-alun tersebut ditemani oleh SAKAR (Sahabat Kang Rizal). fyi, SAKAR itu adalah pelestari budaya Siliwangi gitu deh. Ternyata kolaborasi menarik dari sang founder Siliwangi tepat adanya. sajian budaya Tarian Jaipong hingga musisi Sunda yaitu om H Dody Mansyur juga memeriahkan acara di alun-alun tersebut.

Tak seru jika aku tak menceritakan pula tentang CV. Boga Siliwangi nih ya?!? Founder nya bernama Muhammad Faizal Chaniago pun turut berbicara di atas panggung. Acara ini memang bertujuan utama kepada 4 pilar dari Siliwangi yaitu kesehatan, pendidikan, ekonomi dan kebudayaan. Tentu saja, kegiatan Siliwangi akhirnya bertujuan kepada menanamkan akan pentingnya kesehatan, menanamkan pentingnya bersilaturahmi, pentingnya dalam mendukung UMKM serta turut melestarikan budaya nusantara.


Mari sejenak kita mengenal dari pilar pendidikan yang ada di Siliwangi. betewe nih ya, pilar pendidikan menjadi concern banget dari Siliwangi. Menjadi karyawan di Siliwangi tuh tidak perlu adanya syarat pendidikan/ijazah begitu deh. Namun, ketika sudah menjadi karyawan, Siliwangi menekankan kepada karyawannya untuk bisa menyelesaikan pendidikan melalui paket A, B atau C bahkan hingga lanjut kuliah ke perguruan tinggi.

Pilar yang berikutnya yaitu kesehatan. Siliwangi juga menekankan kepada karyawan untuk berolahraga. Salah satu contohnya yaitu selama 2 tahun belakangan ternyata Siliwangi juga turut melakukan aktivitas jalan/lari minimal sekali seminggu.

Pilar kebudayaan juga sudah pasti terlihat dari kegiatan pada kali ini dengan adanya nuansa kebudayaan yang kental. Ternyata eh ternyata, memang begitu ciri khas Siliwangi dengan mengundang budayawan/seniman saat adanya event yang diadakannya. Siliwangi juga concern pada kebudayaan daerah dengan cara berpakaian atau tampilan rak bambu.

Terkait pemberdayaan UMKM, juga bisa dilihat bahwa banyak sekali UMKM yang turut serta memeriahkan acara dengan berjualan di booth yang disediakan. Ini juga upaya memajukan UMKM dengan saling membantu dan membangkitkan perekonomian yang ada.

Tentu saja pilar yang ada menurut Kang Faizal tidak serta merta hadir namun ada visi misi dari Siliwangi yanitu Silih Asah, Silih Asih, dan Silih Asuh. ini juga yang memberitakan tanda bahwa hadirnya musisi asal Bandung dengan kepopulerannya membawakan lagu Wangsit Siliwangi. wangsit Siliwangi itu juga merupakan konsep ajaran kebudayaan Sunda dengan ajaran utamanya yaitu Silih Asah (Saling Mengasah yaitu saling belajar dan mengajarkan), Silih Asih (Saling mengasihi atau menyayangi), dan Silih Asuh (saling mengasuh atau membimbing).

Waktu terus berjalan semakin siang, doorprize demi doorprize pun bertebaran hingga grand prize sepeda motor pun berhasil diraih oleh seorang warga Bogor. Memang, bukan rezekiku dan keluarga dalam perhelatan tersebut. Namun, sebuah niatan untuk badan sehat dan bugar akhirnya tercapai. Silaturahmi kepada peserta lain, ada kenalan lama, hingga kenalan baru turut menggugurkan dosa juga kan yaa.. (begitu sih menurut ajaran agama yang kupercaya). Saatnya pulang dengan kembali menaiki commuterline. Semoga kubisa terus menjaga kesehatan dan kebugaran selalu, sukses untuk Siliwangi dengan perhelatannya.

 

 

Bersiap untuk Jalan Sehat Bersama Siliwangi Sehat 2024 (dokpri)

 

Komentar

Postingan Populer